+ -

Sabtu, 16 Maret 2013

Membicarakan Masyarakat yang Selalu Berubah

Hal yang tidak diingini oleh setiap orang adalah ketidaknyamanan, hal yang menggelisahkan adalah perubahan. Dan di dalam masyarakat perubahan tidak pernah usai. Kenyataan itulah yang menjadikan setiap orang perlu untuk terlibat dalam hal-hal sosial, untuk menghindari kemungkinan dirinya kadaluarsa terhadap keadaan. Maka bermasyarakatlah dan sadari keadaan, adaptasilah terhadap perubahan.

Di pedesaan sikap asosial akan memiliki kesan sangat buruk terhadap keberadaan Anda di dalamnya, karakter manusia tidak boleh melampaui hak-hak sosial di dalam masyarakat. Karakter tertutup (anti-sosial) seseorang bisa saja menonjol tetapi ketertutupan tidak bisa selamanya dipelihara dalam masyarakat dengan kekerabatan tinggi. Keterkaitan tingginya taraf kekerabatan menentukan juga seberapa jauh Anda bisa membiarkan diri Anda tertutup dari yang lain. Semakin kecil kekerabatan semakin besar pula kemungkinan seseorang berbagi informasi khusus tentang dirinya dan keluarga kepada pihak di luar rumahnya.

Masyarakat desa dan kota bisa jadi sama-sama memiliki sisi dinamis, tergantung seberapa besar interaksi antara orang-perorang dalam masyarakat, atau perorangan terhadap masyarakat (maupun sebaliknya). Dan interaksi tidak hanya persentuhan satu dengan yang lain, tetapi semestinya menghasilkan proses sosial, maka barulah dinamika dalam masyarakat dapat terlihat untuk manfaat bersama.
5 socialzine: Membicarakan Masyarakat yang Selalu Berubah Hal yang tidak diingini oleh setiap orang adalah ketidaknyamanan, hal yang menggelisahkan adalah perubahan. Dan di dalam masyarakat perubaha...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

<